Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AND INTELLECTUALLY) BERPENDEKATAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
Pembelajaran di era merdeka belajar menuntut siswa untuk menguasai
keterampilan abad 21 khususnya keterampilan berpikir kritis untuk menghadapi
tantangan masa depan yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory,
Visualization, and Intellectually) berpendekatan TPACK dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan desain quasi
experimental berbentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian
ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Alternatif Kota Magelang
tahun ajaran 2024/2025 dengan sampel penelitian meliputi kelas VIII Bilal bin
Rabbah sebagai kelas eksperimen dan VIII Hamzah bin Abdul Mutthalib sebagai
kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri atas 5 soal uraian yang telah diuji
keabsahan dan konsistensinya melalui uji validitas dan reliabilitas. Penelitian
membuktikan bahwa posttest keterampilan berpikir kritis memiliki hasil uji t yaitu
0,003 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan dari kedua kelas. Hasil uji N-Gain
kelas eksperimen sebesar 0,78 pada kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,67
pada kategori sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran
SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, and Intellectually) berpendekatan TPACK
efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
10-UN57.U1-SI-V-2025 | IPA PUT E 2025 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain