PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AND INTELLECTUALLY) BERPENDEKATAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

DESIKA ROSIANA PUTRI - Nama Orang;

Pembelajaran di era merdeka belajar menuntut siswa untuk menguasai
keterampilan abad 21 khususnya keterampilan berpikir kritis untuk menghadapi
tantangan masa depan yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory,
Visualization, and Intellectually) berpendekatan TPACK dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan desain quasi
experimental berbentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian
ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Alternatif Kota Magelang
tahun ajaran 2024/2025 dengan sampel penelitian meliputi kelas VIII Bilal bin
Rabbah sebagai kelas eksperimen dan VIII Hamzah bin Abdul Mutthalib sebagai
kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri atas 5 soal uraian yang telah diuji
keabsahan dan konsistensinya melalui uji validitas dan reliabilitas. Penelitian
membuktikan bahwa posttest keterampilan berpikir kritis memiliki hasil uji t yaitu
0,003 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan dari kedua kelas. Hasil uji N-Gain
kelas eksperimen sebesar 0,78 pada kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,67
pada kategori sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran
SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, and Intellectually) berpendekatan TPACK
efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.


Ketersediaan
10-UN57.U1-SI-V-2025IPA PUT E 2025Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA PUT E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
xiv; 253 hlm; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik