Text
SKRIPSI PENERAPAN STRATEGI ANTICIPATION GUIDE DENGAN AKTIVITAS ARGUMENTASI MENGGUNAKAN TEKS SAINS BERKONTEKS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE (SSI) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA SMP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi Anticipation Guide dengan aktivitas argumentasi berbasis teks sains berkonteks Socio Scientific Issue (SSI) dalam meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 1 Secang.
Instrumen penelitian berupa soal uraian pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), uji Independent Sample t-Test, dan uji N-Gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,66 dan kelas kontrol sebesar 0,38, keduanya termasuk kategori sedang. Namun, hasil uji t-Test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelas.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi Anticipation Guide dengan aktivitas argumentasi menggunakan teks sains berbasis SSI efektif untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa. Strategi ini disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA dengan dukungan LKPD yang sistematis dan sumber belajar yang relevan.
Tidak tersedia versi lain