Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP
Keterampilan dalam literasi sains masih tergolong rendah dan belum dioptimalkan pada pembelajaran IPA. Proses pembelajaran sains seringkali monoton sehingga hasil belajar siswa tidak lagi memberikan dampak yang relevan terhadap keterampilan literasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa efektif model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, dan Review) dalam meningkatkan keterampilan literasi sains siswa SMP. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Mertoyudan dengan melibatkan dua kelas, yaitu kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen dan VIII C sebagai kelompok kontrol. Pengujian keterampilan literasi sains dilakukan dengan melalui 15 butir soal uraian. Instrumen penelitian mencakup indikator kemampuan memaparkan fenomena ilmiah, mengevaluasi serta merancang penyelidikan ilmiah, dan juga menginterpretasi data dan bukti ilmiah. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan model SQ3R secara signifikan meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil nilai uji independent sample t-test yang mendapatkan nilai Sig. sebesar
Tidak tersedia versi lain