Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA TEKS CERITA RAKYAT BERMUATAN KEARIFAN LOKAL KOTA MAGELANG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 6 MAGELANG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kondisi melalui observasi danwawancara di SMP Negeri 6 Magelang yang menunjukkan bahwa belummaksimalnya keterampilan membaca peserta didik. Hal ini disebabkanolehpenggunaan bahan ajar utama yang terbatas pada buku terbitan pemerintahKurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhanawal pengembangan bahan ajar bermutan kearifan lokal, prinsip pengembanganbahn ajar bermuatan kearifan lokal, serta menghasilkan desain dan kelayakanbahan ajar bermuatan kearifan lokal. Penelitian ini mengunakan desain penelitiandan pengembangan dengan model yang dipilih menurut Sugiyono berupa 10tahap, yakni ateri dan media hingga revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, serta produksi massal. Namun, implementasi padapenelitian ini hanya dibatasi pada tahap kelima atau tahap revisi produk karenapertimbangan tujuan yang dihasilkan dari penelitian ini. Teknik pengumpulandatayang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara danangket untuk menemukan analisis kebutuhan awal pengembangan bahanajar. Teknik pengumpulan data melalui angket digunakan untuk memperolehdatavaldasi kelayakan produk bahan ajar yang dikembangkan. Hasil penelitianmenunjukkan analisis kebutuhan terhadap peserta didik membutuhkan bahanajar tambahan yang dapat mendukung keterampilan membaca sekaligus bahanajar yang diintegrasikan dengan kearifan lokal untuk memudahkan pemahamanpeserta didik. Prinsip pengembangan bahan ajar diantaranya memuat materi tekssecara utuh dan terdapat contoh teks cerita rakyat daerah Magelang untukmenunjang keterampilan membaca peserta didik serta dilengkapi dengan ilustrasi pendukung dan disertai dengan tujuan untuk mengetahui capaian pembelajaransecara jelas. Desain produk berupa modul yang dibuat menggunakan aplikasi canva, dengan ukuran kertas A4 serta jenis huruf Bree Serif 22. Adapunkelayakan produk dalam penelitian ini dapat diketahui dari hasil validasi ahli materi dan media yaitu memperoleh skor 82 dengan skor rata-rata 4,5. Berdasarkan hasil data kriteria tersebut dapat disimpulkan bahwa produkpengembangan bahan ajar membaca teks cerita rakyat bermuatan kearifanlokal Kota Magelang layak digunakan sebagai sumber belajar tambahan untuk pesertadidik dengan revisi.
Tidak tersedia versi lain