Text
TUGAS AKHIR PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENERIMAAN KLIEN PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK PURBA LAUDDIN DAN REKAN PERWAKILAN MAGELANG SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN PROSEDUR ADMINISTRATIF
ABSTRAK
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengidentifikasikan prosedur penerimaan klien yang selama ini diterapkan pada Kantor Akuntan Publik (KAP) Purba Lauddin dan Rekan Perwakilan Magelang. Penulis memperoleh data melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap staf KAP Purba Lauddin dan Rekan Perwakilan Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengamati dan mendeskripsikan prosedur yang telah dilakukan KAP Purba Lauddin dan Rekan Perwakilan Magelang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu KAP Purba Lauddin dan Rekan Perwakilan Magelang tidak mempunyai prosedur tertulis/buku pedoman mengenai penerimaan klien. Suatu prosedur tidak berjalan secara efektif dan belum terstruktur dengan jelas dikarenakan belum adanya standar baku yang mengatur proses penerimaan klien. Hal ini mengakibatkan jika terdapat karyawan baru maka karyawan lama harus menjelaskan mengenai prosedur penerimaan klien. Oleh karena itu, sangat penting bagi KAP Purba Lauddin dan Rekan Perwakilan Magelang untuk memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas dan terdokumentasi untuk penerimaan klien, serta dapat membantu meningkatkan efisiensi, kualitas layanan, dan kepatuhan terhadap peraturan.
Kata Kunci: Standar Operasional Prosedur, Penerimaan Klien, Kantor Akuntan Publik
Tidak tersedia versi lain