Text
TUGAS AKHIR PENYEMPURNAAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PEMBERIAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) DI BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG MAGELANG
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyempurnakan Standar Operasional Prosedur (SOP) pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Magelang. SOP pemberian KPR yang tersedia dinilai masih kurang terstruktur dan belum disusun secara terperinci sesuai praktik di lapangan. Ketidakjelasan dalam alur kerja dan pembagian tugas menyebabkan sejumlah staf mengalami kebingungan dalam menjalankan proses pemberian KPR. Hal ini berdampak langsung pada efektivitas pelayanan, terutama dalam hal kecepatan dan ketepatan proses pengajuan hingga pencairan KPR. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penyempurnaan SOP dilakukan dengan mencakup identifikasi proses bisnis, penetapan tujuan dan ruang lingkup SOP, penyusunan draft SOP, review dan validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak yang terlibat pemberian KPR meliputi nasabah, bank, dan developer. Lebih lanjut, perbedaan SOP yang dikembangkan dengan SOP yang telah ada sebelumnya yaitu adanya penambahan proses penjadwalan on the spot (OTS) dan pembuatan surat penolakan.
Kata kunci: Standar Operasional Prosedur, Kredit Pemilikan Rumah, Penyempurnaan, Perbankan, Tata Kelola
Tidak tersedia versi lain