Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Literasi sains merupakan kompetensi esensial bagi siswa dalam menjumpai IPTEK yang maju di abad ke-21. Namun, sesuai hasil studi internasional seperti PISA, tingkat literasi sains siswa di Indonesia masih rendah. Penelitian ini memiliki maksud untuk mengevaluasi peningkatan literasi sains siswa SMP melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis STEM. Penelitian ini mengaplikasikan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 2 Grabag. Instrumen yang dikenakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil uji Independent Samples t-Test, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,020 < 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil posttest siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata N-Gain di kelas eksperimen adalah 0,56 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 0,26 (kategori rendah). Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model Inkuiri Terbimbing berbasis STEM secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Tidak tersedia versi lain