Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR BERBASIS KEARIFAN LOKAL MAGELANG UNTUK SISWA KELAS VII SMP
Keterampilan menulis, khususnya menulis teks prosedur merupakan kompetensi
penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Namun, ditemukan bahwa bahan
ajar yang digunakan di kelas VII SMP masih terbatas pada buku teks terbitan
pemerintah yang bersifat umum dan kurang kontekstual. Hal tersebut menyebabkan
siswa kurang mampu menuangkan ide dan gagasan dalam teks prosedur.
Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan kebutuhan
pengembangan bahan ajar menulis teks prosedur berbasis kearifan lokal Magelang
untuk peserta didik kelas VII SMP, (2) mendeskripsikan prinsip-prinsip
pengembangan bahan ajar menulis teks prosedur berbasis kearifan lokal Magelang
untuk peserta didik kelas VII SMP, dan (3) menghasilkan desain pengembangan
bahan ajar menulis teks prosedur berbasis kearifan lokal Magelang untuk peserta
didik kelas VII SMP.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and
Development (RnD) (Sugiyono, 2013) yang dibatasi sampai dengan tahap revisi
desain. Teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara, dan penyebaran
angket kepada guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif
dan kualitatif untuk memastikan keakuratan dan kedalaman informasi yang
diperoleh.
Tidak tersedia versi lain