Text
SKRIPSI PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN JASA TRANSPORTASI (P.O. ROSALIA INDAH RUTE YOGYAKARTA-JAKARTA)
ABSTRAK
Transportasi umum seperti bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sangat disukai masyarakat karena lebih efisien dan terjangkau. Rosalia Indah merupakan salah satu Perusahaan Otobus terbaik di Indonesia yang terus memperluas rute dan meningkatkan pelayanan. Pentingnya kepuasan konsumen sebagai indikator keberhasilan perusahaan jasa transportasi serta adanya ketidakkonsistenan hasil pada penelitian terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi P.O. Rosalia Indah rute Yogyakarta-Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 105 responden yang dipilih secara purposive sampling, yaitu konsumen yang pernah menggunakan layanan kelas Executive Plus P.O. Rosalia Indah. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda melalui bantuan SPSS 25. Temuan ini memperkuat konsep Expectancy Disconfirmation Theory (EDT) yang menyatakan bahwa kepuasan terbentuk saat persepsi kinerja layanan memenuhi atau melampaui harapan konsumen Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, harga, promosi, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya evaluasi berkelanjutan terhadap strategi harga, intensifikasi promosi yang tepat sasaran, serta peningkatan kualitas pelayanan untuk menjaga dan meningkatkan kepuasan konsumen Rosalia Indah.
Kata Kunci: Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, P.O. Rosalia Indah
Tidak tersedia versi lain