Text
SKRIPSI PENGARUH PROMOSI, KEPERCAYAAN, DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT BELI ULANG (STUDI PADA PENGGUNA SHOPEE DI JAWA TENGAH)
ABSTRAK
Pesatnya pertumbuhan internet setiap tahunnya telah mendorong perubahan perilaku konsumen, terutama dalam hal jual beli. Kini transaksi jual beli dapat dilakukan secara daring. Marketplace menjadi platform jual beli secara daring. Shopee menjadi marketplace dengan pangsa pasar yang besar di Indonesia yang ditunjukan dengan naiknya nilai top brand index secara signifikan selama tahun 2020-2024. Namun, masih banyak ditemukan ulasan negatif dari konsumen yang menandakan adanya ketimpangan dengan realitanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, kepercayaan, dan e-service quality terhadap minat beli ulang. Variabel penelitian ini dapat dikonfirmasi melalui Theory of planned behavior, di mana minat beli ulang dapat terjadi akibat rangsangan eksternal maupun internal yang meliputi variabel-variabel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang, popilasi penelitian yaitu pengguna Shopee di Jawa Tengah. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh positif terhadap minat beli ulang dengan nilai t hitung 3,263 > t tabel 1,984 dan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat beli ulang dengan nilai t hitung 4,618 > t tabel 1,984 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. E-service quality juga terbukti berpengaruh positif terhadap minat beli ulang dengan nilai t hitung 3,588 > t tabel 1,984 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang pengguna Shopee dengan nilai F hitung 48,093 > F tabel 2,70 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Kata kunci : Minat Beli Ulang Promosi, Kepercayaan, E-Service Qualiy
Tidak tersedia versi lain