Text
SKRIPSI PENGARUH STORE ATMOSPHERE, VISUAL MERCHANDISING, DISPLAY PRODUCT TERHADAP IMPULSE BUYING RITEL OH!SOME (STUDI PENGUNJUNG TOKO RITEL OH!SOME KOTA MAGELANG)
ABSTRAK
Globalisasi telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia termasuk perubahan gaya hidup sebagai salah satu dampaknya. Perubahan ini ditandai dengan kemunculan berbagai pasar modern yang perlahan menggeser keberadaan pasar tradisional. Pasar modern tersebut salah satunya toko ritel yang telah menentukan strategi pemasaran efektif. Pertumbuhan ritel di Indonesia mendorong perusahaan International untuk melakukan ekspansi ke dalam negeri. Salah satu perusahaan tersebut adalah Oh!Some yang menjadi toko ritel favorit pengunjung pusat perbelanjaan. Ritel ini merupakan hasil perubahan merek dari KKV yang resmi berganti nama menjadi Oh!Some sejak tanggal 1 Agustus 2024. Ciri khas toko dengan warna kuning cerah yang menjadi daya tarik visual, mendorong peneliti untuk menganalisis lebih lanjut pengaruhnya terhadap perilaku konsumen. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif berbasis deskriptif dengan metode survei dalam menghimpun data. Data yang telah diperoleh menggunakan instrument penelitian, selanjutnya analisis data statistik dilakukan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan. Peneliti mengambil sampel sejumlah 140 dari populasi menggunakan teknik non-probability sampling jenis purposive sampling. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere, visual merchandising, display product terhadap impulse buying secara simultan dan parsial. Data yang telah diperoleh akan dianalisis dengan regresi linier berganda melalui perangkat lunak SPSS V23. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel store atmosphere, visual merchandising, dan display product berpengaruh terhadap impulse buying secara simultan. Berbanding terbalik dengan pengujian secara parsial, diketahui bahwa store atmosphere berpengaruh negatif terhadap impulse buying, visual merchandising tidak berpengaruh terhadap impulse buying, display product berpengaruh positif terhadap impulse buying. Temuan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran perusahaan dalam memahami pengaruh rangsangan eksternal terhadap perilaku konsumen.
Kata Kunci : Store atmosphere; Visual Merchandising; Display Product; Impulse Buying; Perilaku Konsumen; Toko Ritel
Tidak tersedia versi lain