Text
SKRIPSI PENGARUH RELATIVE ADVANTAGE, COMPATIBILITY, COMPLEXITY, TRIALABILITY, DAN OBSERVABILITY TERHADAP INTENTION TO USE APLIKASI MYBCA
ABSTRAK
Transformasi digital di sektor perbankan telah mendorong peningkatan layanan mobile banking, termasuk aplikasi MyBCA sebagai inovasi baru dari Bank Central Asia. Meskipun menawarkan fitur unggulan, aplikasi MyBCA masih menghadapi tantangan, seperti keluhan pengguna dan performa aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lima dimensi teori Diffusion of Innovation meliputi relative advantage, compatibility, complexity, trialability, dan observability terhadap intention to use aplikasi MyBCA dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan pengambilan sampel melalui simple random sampling dengan jumlah 160 responden yang merupakan nasabah Bank BCA yang belum pernah menggunakan layanan aplikasi MyBCA di Indonesia. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring melalui google form dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda melalui SPSS versi 27. Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: compatibility, complexity, dan observability berpengaruh positif terhadap niat penggunaan, sementara relative advantage dan trialability tidak menunjukkan pengaruh secara statistik. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa meskipun MyBCA telah menyediakan berbagai fitur inovatif, kesempatan uji coba tidak menjadi faktor utama dalam meningkatkan niat penggunaan.
Kata Kunci: MyBCA, mobile banking, intention to use, TAM, Diffusion of Innovation.
Tidak tersedia versi lain