Text
SKRIPSI PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED RISK TERHADAP INTENTION TO USE BRI MOBILE BANKING (BRImo) (Studi pada Generasi Y dan Generasi Z di Jawa Tengah)
ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdampak pada layanan perbankan digital, menjadikan mobile banking, BRImo sebagai salah satu instrumen pembayaran paling populer di Indonesia. Penetrasi internet yang semakin meningkat sejalan dengan jumlah pengguna BRImo yang naik setiap tahunnya, namun masih terdapat ulasan negatif terkait masalah teknis dan keamanan yang penting untuk memahami determinan yang memengaruhi niat penggunaan aplikasi ini. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived risk terhadap intention to use aplikasi BRImo Generasi Y dan Generasi Z di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dibagikan kepada 100 responden. Responden penelitian ini adalah masyarakat Jawa Tengah yang belum menggunakan aplikasi BRImo. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan perceived usefulness, perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use aplikasi BRImo. Sedangkan perceived risk tidak berpengaruh terhadap intention to use aplikasi BRImo. Secara teoritis, temuan ini berkontribusi memperluas Model Penerimaan Teknologi (TAM), dan secara praktis merekomendasikan penyedia layanan untuk meningkatkan fitur, kemudahan, serta keamanan guna meningkatkan adopsi yang lebih tinggi di masyarakat.
Kata Kunci: Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Risk, Intention to Use, BRImo, Generasi Y, Generasi Z.
Tidak tersedia versi lain