Literasi sains merupakan aspek krusial didalam kebijakan pendidikan sains dengan tujuan membentuk generasi melek sains, teknologi, kreatif, berpikir kritis, berargumentasi, dan berkolaborasi un…
Keberhasilan pembelajaran IPA dapat ditinjau dari hasil belajar kognitif. Kemampuan mengingat menjadi dasar untuk memahami, menerapkan, dan mengintegrasikan konsep dalam pembelajaran. Retensi s…
ABSTRAK Menurut studi diawal yang dilakukan di SMP N 3 Muntilan memelihatkan bahwa guru IPA ters ebut dalam proses pembelajaran masih menerapka model konvensional dengan adanya metode ceramah saa…
ABSTRAK Ariyani, Tiara Mumpuni Anindya. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Dengan Strategi Jigsaw Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi”. Skripsi Program …
ABSTRAK Ambarwati, Anisa T. 2023. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Kegurua…
Fokus pembelajaran dan pendidikan abad 21 tidak hanya terbatas pada pencapaian hasil belajar, melainkan juga mengutamakan proses dan peningkatan keterampilan siswa. Keterampilan abad 21 perlu d…
Aktivitas ilmiah seperti berkomunikasi merupakan kemampuan esensial di abad 21. Argumentasi ilmiah menjadi bagian dari berkomunikasi dan sebagai dasar siswa bertindak melalui serangkaian proses…
Pembelajaran di era merdeka belajar menuntut siswa untuk menguasai keterampilan abad 21 khususnya keterampilan berpikir kritis untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks. Penel…
ABSTRAK Lestari, Dewi Tri. 2024. “Keefektifan Model Problem Based Learning Berbasis IsuSosiosaintifik untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA danKemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP”. Skrips…
ABSTRAK Setianingsih, Irma. 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Socioscientific Issues dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Global …