Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan penting di abad 21 yang mencakup indikator literasi sains dan sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan. Namun, berdasarkan hasil studi PISA, tingkat keterampilan sains siswa Indonesia masih tergolong dibawah standar. Hal ini diperkuat dengan data pengamatan dan wawancara di SMP Negeri 1 Mertoyudan yang menu…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang mendapatk…
Pendidikan yang ada di Indonesia sangat penting memperbaharui dan mengubah kurikulum guna mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Kurikulum yang dikembangkan pun juga harus mencakup berbagai aspek seperti kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, aplikatif serta dapat mengembangkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar. Seorang pendidik diharapkan dapat menciptakan suatu bah…
Pendidikan abad ke-21 terdiri atas empat keterampilan patut dikuasai siswa, satu diantaranya adalah berpikir kritis. Tetapi, kompetensi berpikir kritis siswa masih rendah. Hal ini sejalan di SMP Negeri 7 Magelang, di mana hasil analisis tes keterampilan berpikir kritis menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Solusi untuk permasalahan tersebut memerlukan aktivitas belajar yang mam…
Aktivitas ilmiah seperti berkomunikasi merupakan kemampuan esensial di abad 21. Argumentasi ilmiah menjadi bagian dari berkomunikasi dan sebagai dasar siswa bertindak melalui serangkaian proses ilmiah sehingga diperoleh suatu kesimpulan valid berdasarkan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan kemampuan argumentasi ilmiah siswa dalam pembelajaran ADI pada aspek …
Rendahnya tingkat literasi sains di kalangan peserta didik Indonesia menjadi sebuah tantangan besar dalam dunia pendidikan. Hal serupa juga ditemui di SMP Negeri 43 Purworejo, di mana hasil dari tes awal literasi sains mengindikasi bahwa sebagian besar peserta didik masih memiliki kemampuan literasi sains yang tergolong rendah. Untuk menjawab permasalahan tersebut, diterapkan model pe…
Model pembelajaran Problem Based Learning pada dasarnya melatih kemampuan pemecahan masalah melalui langkah yang sistematis sehingga siswa akan lebih kritis dalam mencari pemecahan dalam suatu masalah. Penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan model pembelajaran problem based learning berbasis literasi sains dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa SMP…
Miskonsepsi dalam pembelajaran IPA dapat menghambat pemahaman konsep ilmiah siswa, terutama pada materi gerak dan gaya di SMP, dan salah satu penyebab utamanya adalah rendahnya literasi sains yang seharusnya melatih kemampuan berpikir kritis serta memecahkan masalah berbasis bukti. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen diagnostik three tier test untuk mengukur tingkat misko…
Rendahnya penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa SMP menjadi permasalahan penting dalam pembelajaran IPA. Di SMP Negeri 11 Magelang, hal ini tercermin dari rata-rata nilai IPA siswa yang masih berada di bawah KKM (70), serta minimnya pelaksanaan praktikum yang menyebabkan keterampilan proses sains siswa tidak berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis …