Abad ke-21 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, khususnya berpikir kritis yang merupakan faktor utama dalam konteks pembelajaran IPA. Namun, berbagai penelitian serta temuan dari PISA memperlihatkan siswa di Indonesia masih memiliki keterampilan berpikir kritis yang rendah. Kondisi serupa ditemukan di SMPN 2 Mertoyudan dimana rata-rata kemampuan berpikir kr…
Perkembangan revolusi industri 4.0 menuntut siswa memiliki keterampilan abad ke-21, terutama berpikir kritis. Namun, berbagai penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Hal ini diperkuat oleh hasil studi PISA 2022 yang menegaskan bahwa sebagian besar siswa kesulitan menganalisis informasi dan memecahkan permasalahan yang bersifat kompleks. …
Kemampuan berpikir kritis adalah elemen penting yang harus dikuasai siswa untuk mendukung proses pembelajaran di abad ke-21, terutama dalam mata pelajaran IPA yang kompleks dan memerlukan analisis mendalam. Namun, observasi di SMP Negeri 2 Kepil menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang kurang optimal dala…
Kemampuan literasi sains siswa Indonesia masih rendah, seperti yang terlihat dari hasil PISA 2022. Rendahnya literasi sains menjadi tantangan dalam pembelajaran IPA, karena proses pembelajaran yang masih berfokus pada teori dan penggunaan bahan ajar yang terbatas membuat siswa sulit mengaplikasikan ilmu sains dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi ini juga ditemukan di SMP Negeri 1 Tenj…
Literasi sains adalah kemampuan yang sangat diperlukan di abad 21. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan yang wajib dikuasai saat ini. Literasi sains, dapat disebut sebagai sebuah kemampuan untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk mengidentifikasi pertanyaan dan menggambarkan ide pokok berdasarkan fakta dengan tujuan untuk mendalami, membuat keputusan, serta mengubah alam lewat aktifita…
Berdasarkan miskonsepsi pemahaman siswa tentang awan panas dari penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil belajar kognitif materi struktur bumi dan perkembangannya maupun hasil belajar kognitif materi sejenisnya yang masih rendah dari beberapa penelitian terdahulu. Dapat diketahui bahwa hasil belajar kognitif siswa masih rendah untuk materi struktur bumi dan perkembangannya karena misko…
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan penting di abad 21 yang mencakup indikator literasi sains dan sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan. Namun, berdasarkan hasil studi PISA, tingkat keterampilan sains siswa Indonesia masih tergolong dibawah standar. Hal ini diperkuat dengan data pengamatan dan wawancara di SMP Negeri 1 Mertoyudan yang menu…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang mendapatk…